INSPIRASI LEMARI BUKU UNIK UNTUK ANDA SI KUTU BUKU

Untuk anda penyuka buku, tentunya membutuhkan tempat penyimpanan untuk koleksi-koleksi anda. Koleksi buku anda pasti akan terus bertambah seiring berjalannya waktu. Mulai dari novel, kamus, hingga ensiklopedia.
Lemari buku kini tak hanya berfungsi sebagai alat penyimpanan saja, namun juga sebagai dekorasi ruangan maupun hiasan dinding. Hal ini mempengaruhi estetika dan akan menjadikan interior ruangan anda semakin menarik. Anda pasti memerlukan lemari buku agar dapat menyimpan sekaligus memajang koleksi dengan rapi tanpa merusak tampilan interior hunian.
Sayangnya, Lemari atau rak yang dijual di pasaran masih memiliki desain konvesional yang cenderung kaku/membosankan. Untuk itulah artikel ini hadir sebagai inspirasi untuk anda yang ingin menyimpan koleksi buku-buku di lemari/rak dengan desain yang tak biasa. Berikut ini 12 ide lemari buku dirangkum dari berbagai sumber.

Rak Equilibrium

Susunan lemari buku ini tampak mengapung di udara. Selain itu rak ini mampu menahan beban hingga 50 kg. Lemari ini merupakan rancangan dari Alejandro Gomez. Beliau menggunakan teknik kantilever yaitu balok yang salah satu ujungnya terdapat tumpuan jepit sementara ujung lainnya menggantung atau bebas. Prinsip equilibrium atau keseimbangan pada lemari inilah yang memungkinkan untuk menjaga buku-buku yang diletakkan dalam posisi miring.



Lemari Buku Menyatu dengan Tempat Tidur

Untuk anda yang senang membaca buku di atas tempat tidur, anda dapat mendesain lemari buku yang menyatu dengan tempat tidur. Jadi ketika anda beristirahat, anda dapat membaca buku favorit anda dan tidak perlu mencarinya jauh-jauh.






Lemari Buku berbentuk Lingkaran

Selain memiliki tampilan yang unik, anda dapat membaca buku seraya berbaring santai di dalamnya. Untuk bentuk lemari seperti ini, anda harus benar-benar jeli dalam menata buku. Anda dapat tempatkan buku yang jarang di baca di bagian teratas. Jangan lupa gunakan tangga untuk mengambilnya ya. 


Lemari Buku Menyatu dengan Sofa

Konsepnya sama dengan tempat tidur, lemari buku yang menyatu dengan sofa membuat anda betah berlama-lama membaca disitu. Anda dapat mengambil dan meletakkan kembali buku tanpa harus repot berdiri.


Lemari Buku Sebagai Partisi Ruangan

Untuk hunian mungil, anda dapat menyiasatinya dengan menggunakan lemari buku. Lemari buku ini berfungsi sebagai partisi atau sekat ruangan sekaligus dekorasi di ruang terbuka rumah.Tips ini tak hanya membuat koleksi buku anda sebagai aksesoris ruang tamu, namun juga dapat membantu anda agar lebih fokus saat bekerja di dalam rumah. Partisi ruangan ini juga berfungsi sebagai pemberian privasi untuk ruang terbuka yang dapat digunakan untuk menerima tamu sementara penghuni lain sedang menjalankan aktivitasnya. 



Lemari Buku dengan Penyimpanan Serbaguna

Model atau desain ini diperuntukkan untuk anda yang tak hanya ingin sekedar memajang koleksi saja namun lebih banyak membutuhkan ruang penyimpanan untuk buku-buku anda.

Anda dapat memilih lemari buku minimalis dengan tambahan laci. Area Ambalan pada desain lemari buku ini cukup luas sehingga buku dapat diletakkan secara horizontal atau vertical. Tambahan laci berguna sebagai penyimpanan dokumen atau koleksi buku yang sudah jarang terbaca lagi. 



Lemari Buku dengan Konsep Industrial 

Konsep industrial memiliki nuansa dramatis dan tampilan kontras lapisan logam, meja, plus tambahan perabotan rustic atau vintage. Untuk lemari buku dengan konsep ini, dapat menggunakan bahan besi yang dilapisi cat berwarna gelap dan lapisan antikarat yang akan bertahan lama dan siap memajang semua koleksi buku anda sekaligus menjadi dekorasi ruangan yang elegan terutama untuk ruangan dengan konsep yang sama. Desain-nya bisa berbentuk pipa agar lebih terasa “industrial”.





Lemari Buku dengan Tanaman Hijau

Kehadiran tanaman hijau di sudut baca dapat membuat mata anda terasa lebih segar setelah membaca buku dalam waktu yang lama. Anda dapat memesan lemari buku minimalis sekaligus pot tanaman bertingkat. Anda dapat menggunakan kerangka besi dengan pemanfaatan kotak kayu sebagai tempat memajang buku atau pot tanaman. Tentunya anda perlu berhati-hati ketika menyiram tanaman agar tidak membasahi koleksi buku. Atau anda dapat menggantinya dengan tanaman sintetis. 



Lemari Buku Bertangga

Desain lemari buku seperti ini cocok untuk ruangan dengan plafon tinggi. Seru kan apabila seisi dinding dipenuhi dengan Koleksi buku kesayangan anda.Tentunya, desain lemari ini bisa disesuaikan dengan menata kotak kayu sesuai keperluan dan keinginan.Karena cukup sulit untuk menemukan ukuran yang benar-benar sesuai dengan ukuran yang anda butuhkan, anda disarankan untuk membuatnya full custom. Untuk hal tersebut, sebaiknya anda bekerjasama dengan jasa interior saat merancangnya. Sehingga, mereka dapat dengan mudah membantu mendekorasi ruang tersebut sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda.




Lemari Buku dengan Desain Geometris

Desain lemari ini menitikberatkan pada asimetris yang estetik. Variasi tinggi dan lebar dari setiap ruang pada lemari buku minimalis ini bermanfaat untuk menyimpan koleksi buku serta barang lainnya demi kesan lebih personal pada ruangan.



Lemari Buku dengan Desain Sekat Diagonal

Dengan desain-nya yang unik, lemari buku dengan sekat diagonal ini dapat diletakkan di ruang tamu atau ruang keluarga sebagai dekorasi dan hiburan misalnya seperti spot berfoto untuk para tamu yang berkunjung dan keluarga tercinta.





Lemari Buku dengan Bentuk Pohon

Lemari buku ini dapat anda kreasikan dengan bahan kayu. Selain menghemat ruangan di dalam kamar atau ruangan yang tidak terlalu luas, lemari buku berbentuk pohon ini juga dapat memperindah interior ruangan anda.


 


Bagaimana, sudah menemukan inspirasi untuk lemari buku anda?

Say Hello

phone (65) 8888 8888

fax (02) 8888 8888

email hello@tesla.com

71 Ayer Rajah Crescent #06-01
Singapore, 139951